Syarat-Syarat Pinjaman Online yang Harus Dipahami Nasabah

Saat ini, pinjaman online atau pinjol menjadi alternatif masyarakat yang sedang kesulitan dan membutuhkan uang dalam waktu yang cepat. Selain bisa menyediakan dana dalam waktu cepat, pinjaman online ini tidak memerlukan jaminan sehingga sangat mudah untuk dilakukan. Selama bisa memenuhi syarat pinjaman online  maka dana pasti bisa dicairkan ke rekening peminjam.

Pinjaman online bisa dilakukan dengan mudah melalui perusahaan financial technologi atau fintech. Pinjol menjadi pilihan tepat bagi mereka yang tidak mempunyai jaminan atau agunan dan membutuhkan dana dengan segera. Namun perlu diingat sekarang ini makin banyak juga pinjol yang abal-abal dengan kemudahan syaratnya. Untuk menghindari tindakan kriminal dari fintech abal-abal ketahui dulu apa saja syarat pinjaman online yang biasanya diberikan kepada nasabah.

Syarat Pinjaman Online yang Harus Dipenuhi Nasabah

1. Warga Negara Indonesia (WNI)

Syarat pertama yang harus dipenuhi nasabah calon peminjam yaitu merupakan Warga Negara Indonesia. Mengapa WNI menjadi syarat mutlak bagi mereka yang akan meminjam dana? Jika nasabah bukan WNI atau orang asing dikuatirkan dana tidak akan dikembalikan dan tentu saja ini merugikan.

Itulah mengapa kebanyakan perusahaan fintech sebagai pihak yang meminjamkan dana mengharuskan status sebagai WNI. Bukti dari status WNI tersebut adalah KTP yang harus dijadikan salah satu syarat pinjaman dana online.

2. Memenuhi Syarat Umur Minimal dan Maksimal

Usia atau umur nasabah juga menjadi salah satu syarat pinjaman online yang harus dipenuhi. Meskipun tergolong lebih mudah dibandingkan dengan syarat peminjaman uang pada bank konvensional namun batasan umur masih diterapkan. Banyak perusahaan fintech sebagai kreditur memberikan batasan umur tertentu pada calon debiturnya.

Umumnya batasan umur yang diberikan berdasarkan pada produktivitas seseorang yaitu antara 21 tahun hingga 60 tahun. Pada rentang usia 21 – 60 tahun tersebut seseorang dianggap masih produktif sehingga bisa melakukan cicilan dengan lancar.

3. Memiliki Pendapatan Tetap Setara UMK/ UMR

Pinjaman online yang biasanya tidak membutuhkan agunan apapun dari calon nasabah tetap ingin mendapatkan jaminan pengembalian dana. Oleh sebab itu ada syarat pinjaman online yang berupa memiliki pendapatan tetap. Ya, nasabah setidaknya harus memiliki pekerjaan dan pendapatan tetap yang besarnya setara dengan UMK/ UMR domisilinya.

4. Slip Gaji yang Terakhir

Syarat pinjaman online selanjutnya adalah slip gaji. Saat Anda mengajukan pinjaman dana online maka pihak perusahaan kreditur akan meminta slip gaji terakhir. Meskipun ada juga fintech yang tidak mensyaratkan slip gaji namun sebaiknya Anda mempersiapkannya lebih dulu. Jika pada bank konvensional biasanya akan diminta slip gaji 3 bulan terakhir, pinjaman online lebih mudah.

Pinjol umumnya hanya akan meminta dokumen berupa slip gaji sebulan terakhir saja. Slip gaji dibutuhkan agar kreditur bisa memperkirakan seberapa besar kemampuan nasabah untuk mengembalikan dana yang dipinjamnya. Dari situlah nanti akan bisa ditentukan berapa jumlah dana yang bisa dipinjam.

5. NPWP

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dari nasabah juga menjadi syarat pinjaman online. Seperti juga slip gaji, fungsi dari NPWP adalah untuk mengetahui seberapa besar kemampuan nasabah mengembalikan dana berdasarkan pada pendapatannya.  Selain itu NPWP juga dijadikan sebagai bahan pertimbangan apakah Anda bisa dan layak untuk menerima kredit.

6. Rekening Bank Sesuai KTP

Mulai sekarang sebaiknya luruskan pikirkan bahwa melakukan dan memilih pinjaman online sebagai cara menghindari bank konvensional. Itu adalah sebuah kesesatan pikiran. Mengapa begitu? Karena pinjaman online Anda tetap akan disalurkan melalui rekening bank konvensional.

Itulah mengapa saat meminjam uang online Anda tetap harus memberikan nomor rekening pada bank konvensional. Dan tentu saja rekening Anda tersebut haruslah sesuai dengan KTP. Pihak kreditur tidak akan mengeluarkan dan meminjamkan uangnya pada orang yang menggunakan rekening lain dengan KTP. Artinya rekening tersebut harus milik Anda.

Selain harus memenuhi apa yang menjadi syarat pinjaman online, Anda juga sebaiknya teliti dan cermat agar terhindar dari tindakan penipuan. Beberapa hal berikut ini harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk meminjam uang online.

Hal yang Harus Dicermati Sebelum Meminjam Uang Online

1. Baca Review dan Penilaian

Tidak jauh berbeda dengan saat Anda akan membeli barang di toko online salah satu indikator baik dan buruk bisa dilihat dari review. Oleh sebab itu saat akan menggunakan aplikasi ataupun website pinjaman online baca dulu review dan penilaian dari para nasabahnya.

Pilihlah aplikasi fintech yang mendapatkan banyak review dan penilaian positif dari penggunanya. Karena meskipun semua syarat pinjaman online sudah Anda penuhi kalau salah memilih fintech akan jadi masalah. Apalagi sekarang ini makin banyak pinjol abal-abal yang tidak bisa dipercaya.

2. Besarnya Bunga yang Ditawarkan

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah berapa besarnya bunga yang ditawarkan kepada nasabah. Untuk mendapatkan yang terbaik, Anda bisa memperbandingkan dulu bunga pinjaman di beberapa fintech. Sesuaikan besarnya bunga dengan kemampuan Anda melakukan pelunasan. Ini adalah hal penting agar nantinya Anda tidak terbebani hutang.

3. Biaya Administrasi dan Denda

Setiap peminjaman dana atau kredit pastinya akan dikenakan biaya administrasi dengan jumlah tertentu. Nah, karena itulah penting juga untuk memperhatikan berapa besarnya biaya administrasi yang harus Anda tanggung. Rata-rata perusahaan fintech memberikan biaya administrasi tidak lebih dari 3% kepada nasabahnya.

Selain besarnya biaya administrasi, Anda juga tidak boleh melewatkan tentang denda keterlambatan cicilan. Ketahui dulu berapa besarnya denda jika Anda terlambat melakukan cicilan. Jangan sampai Anda terjebak pada fintech yang memberikan denda keterlambatan dengan jumlah besar.

Memperhatikan dengan baik apa yang menjadi syarat pinjaman online akan meminimalkan kemungkinan Anda tertipu dan mendapatkan masalah. Dapatkan informasi selengkapnya tentang pinjaman online di https://www.cekaja.com/pinjaman-online, dengan informasi yang lengkap dan terpercaya, kegiatan pinjaman uang secara online bisa Anda lakukan dengan aman dan nyaman!